PT. T Energy
CNG Calculation - Price Estimation

Back to News

Esemka Disiapkan Jadi Mobil Berbahan Bakar Gas

BELUM juga diproduksi massal, mobil Esemka ternyata telah disiapkan untuk menjadi prototype mobil nasional (mobnas) berbahan bakar gas (BBG). Penjajakan dengan PT Pertamina pun terus dilakukan guna merealisasikan rencana tersebut.

Wali Kota Surakarta Joko Widodo mengungkapkan, kemungkinan terwujudnya gagasan tersebut terlihat dari beberapa kali pembicaraan yang dilakukan tim Esemka dengan PT Pertamina. "Pertamina kan berkepentingan dengan konversi bahan bakar minyak (BBM) ke BBG. Apalagi ke depan, semua mobil memang diarahkan menggunakan gas sebagai bahan bakar karena memang lebih ramah lingkungan," kata dia, Senin (13/12).

Mengenai bentuk kerja sama tersebut, pria yang memposisikan diri sebagai brand ambassador Esemka ini menyebut, salah satu hal yang tengah diupayakan Pertamina adalah penyediaan konverter kit untuk dipasang di sistem bahan bakar mobil tersebut. "Memang, jika ini bisa direalisasikan, harga Esemka akan sedikit lebih tinggi. Bertambah sekitar Rp 13 juta untuk pemasangan konverter kit."

Pria yang akrab disapa Jokowi ini mengakui, penerapan BBG ke mobil Esemka memang membutuhkan perencanaan yang lebih matang. Di sisi lain, pengembangan industrimassal mobil tersebut masih belum dilakukan, karena uji emisi belum juga dilakukan.

"Tapi seandainya memungkinkan (Esemka berbahan bakar gas-red) kenapa tidak. Siapa tahu Esemka bisa menjadi pelopor mobnas ber-BBG,” tegas dia.

Humas Pertamina Unit Pemasaran IV Jateng-DIY Happy Wulansari mengatakan, secara prinsip pihaknya siap mendukung segala kebutuhan pengembangan Esemka. Untuk rencana penerapan BBG, imbuh dia, hal itu bakal disesuaikan dengan program konversi bahan bakar premium ke gas yang diterapkan pemerintah pusat.

"Tetapi untuk back up lainnya, seperti pelumas atau pendingin mesin, kapanpun Pertamina siap membantu."
Author: Agustinus Ariawan / CN32 - suaramerdeka.com
Posting Date: 4/3/2012 by: Admin